13 Mar 2013

Skenario Jika Status Tangkuban Parahu Naik Jadi Siaga

0 Comment

Bandung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah menyiapkan skenario jika status Gunung Tangkuban Parahu naik dari Waspada jadi Siaga. Tahapan langkah yang harus diambil tersebut disusun sebagai antisipasi agar tidak ada korban.

Kepala BPBD KBB Maman Sulaiman mengatakan, meski aktivitas di Tangkuban Parahu belum ada peningkatan namun antisipasi tetap harus disiapkan.

“Kami sudah mempersiapkan tindakan yang akan diambil jika kemungkinan buruk terjadi,” kata Maman di Pos Pemantauan Gunung Api PVMBG, Kamis (7/3/2013).

Jika status waspada naik jadi siaga, maka jarak yang harus disterilkan jelas bertambah jauh. Status waspada, jarak yang harus steril adalah 1,5 kilometer dari pusat kawah. Sedangkan status siaga yang harus steril sejauh 5 kilometer.

Jika harus steril 5 kilometer, maka ada beberapa desa di KBB akan terkena dampak. Lima desa itu masing-masing Cikole, Jayagiri, Cibogo, Cikahuripan, dan Sukajaya. Warga di daerah itu harus diungsikan ke lima posko yang sudah disiapkan.

“Jalur evakuasi juga sudah kita siapkan,” ucap Maman. Soal jumlah warga yang kemungkinan akan mengungsi, total ada sekitar 14.300 orang di lima desa itu.

Ia pun mengakui kenaikan status gunung tidak bisa diprediksi. Untuk memberitahu warga jika status Tangkuban Parahu naik, bunyi kentongan yang ada di sekitar rumah warga akan jadi isyarat bagi warga untuk saling memberi infomasi segera mengungsi.

“Tapi kita semua pasti berharap kemungkinan risiko terburuk itu tidak terjadi. Kita sama-sama doakan saja,” harap Maman.

Saat ini, ia mengimbau warga tidak panik. Sebab status Tangkuban Parahu masih waspada. Berbagai isu seputar Tangkuban Parahu diminta jangan dipercaya. Sebab informasi yang benar hanya satu pintu yaitu yang dikeluarkan PVMBG.

(ors/tya)

Sumber : Detik Bandung

[top]
Leave a Reply

*

UA-39323185-1